Standar Pelayanan

Standar Pelayanan Pendaftaran

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumPeraturan Menteri Kesehatan Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam MedisPeraturan Menteri Kesehatan Nomor 001 Tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perseorangan (berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013  Nomor 122) 3. Peraturan  Menteri  Kesehatan  Nomor  75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Berita Negara Republik Indonesia tahun 2014 Nomor 1676)
2Jam Pelayanan PendaftaranSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu       : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananPengguna         layanan        (pasien)        datang        dengan membawa : Kartu identitas : KTP, SIM, KK atau kartu pelajar (pasien baru)Kartu Pendaftaran Pasien (pasien lama)Kartu Jaminan Kesehatan (bagi yang memiliki)
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur (Gambar 1)Pasien BaruPasien datangPasien melakukan pendaftaran melalui petugas di bagian pendaftaran dengan menunjukkan kartu identitas dan kartu jaminan (jika ada) untuk mendapat nomor CMPasien mendaftar di anjungan pendaftaran mandiri dan memilih poli yang ditujuPasien mendapatkan nomor antrianPasien menunggu panggilan poliPasien LamaPasien datangPasien melakukan pendaftaran melalui anjungan pendaftaran mandiri sesuai poli yang akan ditujuPasien mendapatkan nomor antrianPasien menunggu panggilan poli        
5Jangka Waktu PenyelesaianPasien Baru : 8 menit Pasien Lama : 4 menit
6Biaya/tarifPasien Umum :Retribusi Rp.20.000Bagi pasien pemegang jaminan kesehatan, biaya ditanggung penjamin (kecuali retribusi untuk pelayanan KIR dokter, tes buta warna, tes narkoba dan caten)
7Produk PelayananPendaftaran PasienPelayanan Rekam Medis pasien
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas  Ruang tunggu dilengkapi kipas angin dan televisi Ruang tunggu khusus untuk anak-anakFasilitas charger handphoneKoran dan bahan bacaan lainnyaKomputer dan jaringan internet
9Kompetensi PelaksanaDIII Rekam Medis yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya  
10Pengawasan InternalSupervisi oleh atasan langsungDilakukan sistem pengendalian mutu internal oleh auditor internal puskesmas
11Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email : puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
12Jumlah PelaksanaPerekam medis : 2 orang  
13Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
14Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannya
15Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

Standar Pelayanan Unit Gawat Darurat

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang puskesmasPeraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentangAkreditasi fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
2Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu    : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananKondisi pasien darurat
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur (Gambar 2)Pasien datangKeluarga pasien atau penanggung jawab mendaftarkan pasienPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pemeriksaan dan tindakan medis yang sesuaiApabila diperlukan, petugas merujuk pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananPenanganan Kegawatdaruratan
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang UGDRuang administrasiKomputer dan JaringannyaTeleponPeralatan medis pendukungAmbulan untuk rujukan pasien
9Kompetensi PelaksanaDokter Umum yang memilki surat ijin praktekDIII/DIV Keperawatan yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannyaDII/DIV Kebidanan yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaDokter Umum : 1 orang per shift jaga atau on call Perawat : minimal 1 orang per shift jaga Bidan : minimal 1 orang per shift jaga
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan ManajemenEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 2

Standar Pelayanan Ambulance

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu       : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananPenggunaan mobil ambulance digunakan pada saat dibutuhkan dan tidak bisa dipesan untuk beberapa hari ke depannya.Penggunaan mobil ambulance untuk keadaan darurat dan rujukan bagi pasien dan pelayanan angkutan mengantar jenazah.Ambulance harus dikemudikan oleh sopir ambulance (jika berhalangan digantikan oleh sopir yang telah ditunjuk).
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  Petugas IGD menyatakan pasien perlu rujukan/pulang atas petunjuk dari dokter penanggung jawabPetugas IGD menjelaskan dan meminta persetujuan kepada keluarga pasien untuk dirujuk/pulangKeluarga pasien setujuPetugas IGD mendaftarkan rujukan pasien dalam Sistem Rujukan Terintegrasi (menghubungi Rumah Sakit yang dituju terkait kesiapan penerimaan rujukan)Dalam Sistem Rujukan Terintegrasi, Rumah Sakit yang dituju menyetujui dan siap menerima pasien rujukan.Petugas IGD membuat surat rujukanBagi pasien umum, petugas IGD Inap membuat rincian biaya pasien pulang dan biaya penggunaan ambulance (untuk pasien yang sudah diberikan terapi atau tindakan, bagi yang tidak mendapatkan terapi/tindakan cukup membayar biaya ambulance saja)Keluarga pasien membayar di Loket Pembayaran dan menerima kwitansi (bagi pasien umum), dan menerima surat rujukan Petugas IGD mempersiapkan kesiapan pasien dan petugas yang lain segera menghubungi sopir ambulance.Petugas IGD mendampingi dan mengantarkan pasien ke tempat tujuan dengan Ambulance. Setelah selesai mengantarkan dan kembali ke Rumah Sakit petugas menulis laporan kegiatan pada buku kegiatan.
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tariffPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananLayanan Rujukan Pasien dari Puskesmas ke Rumah Sakit lain yang dituju
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasMobil Ambulance dengan peralatan medis dasar terdiri dari: Spine Board/StrecherTabung Oksigen SentralRegulator OksigenVentilator MobilePatient MonitorSuction MobileEmergency Set
9Kompetensi PelaksanaPetugas IGDSopir Ambulance
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaSupir Ambulance: 1 orang
12Jaminan PelayananAdanya kebijakanAdanya SPOAdanya PanduanKepastian persyaratanKepastian biayaSDM yang kompeten di bidangnyaTersedianya sarana prasarana pendukung
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananDiwujudkan dalam kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur serta di dukung oleh petugas yang berkompoten di bidang tugasnya denganmengutamakan keselamatan pasien dalam proses rujukan
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

Standar Pelayanan Poli Umum

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu       : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  (Gambar 3)Petugas        memanggil        pasien       sesuai       nomor antrianPetugas            memastikan            identitas           pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas menentukan diagnosisPetugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tariffPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananKonsultasi Dokter, Pemeriksaan Medis, Tindakan medis, Surat Rujukan, Surat Keterangan Kesehatan, Surat Keterangan Buta Warna.
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pemeriksaan pasien umumRuang pemeriksaan pasien lansiaPeralatan medis pendukungKomputer dan jaringannyaRuang tunggu pasien
9Kompetensi PelaksanaDokter Umum yang memiliki surat ijin praktekDIII/D4/S1 Keperawatan yang memiliki surat tanda registrasi   dan                   sesuai    dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaDokter Umum : minimal 2 orang Perawat : minimal 2 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

Standar Pelayanan Poli KIA dan KB

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan  Menteri Kesehatan            Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang puskesmas 3.      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
2Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu   : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien Buku KIA/KMS
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur (Gambar 4)Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrianPetugas           memastikan           identitas          pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anmnesaPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas melakukan kolaborasi dengan dokter untuk kasus yang perlu tindaklanjut                  
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananPelayanan KIA, KB, Imunisasi dan Kesehatan Reproduksi, Pelayanan caten
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pemeriksaan KIA dan KBRuang ImunisasiRuang MTBSAlat medis pendukungRuang tunggu khusus untuk ibu dan anakRuang Laktasi
9Kompetensi PelaksanaDIII/ DIV Kebidanan yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaBidan : Minimal 1 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standard pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan ManajemenEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 4

Standar Pelayanan Klinik Sanitasi

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu       : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananBlangko permintaan konsultasi sanitasi dari Poli Umum/ Poli KIA KB  
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  (Gambar 5)Petugas        memanggil        pasien       sesuai       nomor antrianPetugas            memastikan            identitas           pasien berdasarkan rekam medisPetugas memberikan penyuluhan atau konsultasi sesuai dengan keluhan
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tariffPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananKonsultasi sanitasi
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang konsultasiRuang tunggu pasien
9Kompetensi PelaksanaDIII/D4/S1 Kesehatan Lingkungan yang memiliki surat tanda         registrasi         dan        sesuai          dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaSanitarian :1 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 5

Standar Pelaynan Klinik Gizi

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu       : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananBlangko permintaan konsultasi sanitasi dari Poli Umum/ Poli KIA KB  
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  (Gambar 6)Petugas        memanggil        pasien       sesuai       nomor antrianPetugas            memastikan            identitas           pasien berdasarkan rekam medisPetugas memberikan penyuluhan atau konsultasi sesuai dengan keluhan
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tariffPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananKonsultasi gizi
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang konsultasiRuang tunggu pasien
9Kompetensi PelaksanaDIII/D4/S1 Gizi yang memiliki surat tanda       registrasi dan            sesuai               dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaNutrisionis :1 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 6

Standar Pelayanan Poli Gigi

NOKOMPONENURAIAN
1Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang puskesmasPeraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
2Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu    : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananTersedia Rekam Medis Pasien Rujukan Internal
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  (Gambar 7)Petugas memanggil pasien sesuai nomor urutPetugas memastikan identitas pasien sesuai dengan rekam medikPetugas melakukan anamnesis dan pengukuran tekanan darahPetugas melakukan pemeriksaan sesuai keluhan pasienPemeriksaan odotogram, riwayat penyakit dan kroscek identitas untuk pasien baru, untuk pasien lama dilanjutkan pemeriksaan sesuai keluhanPetugas menentukan diagnose penyakitPetugas menentukan terapi/tindak lanjut yang sesuaiPetugas melakukan tindakan jika memang diperlukan, atau pemberian resep untuk pasien premedikasi
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananKonsultasi kesehatan gigi, pemeriksaan kesehatan gigi, tindakan tambal, cabut, scalling/pembersihan karang gigi
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pemeriksaan gigiAlat medis pendukung
9Kompetensi PelaksanaDokter Gigi yang memiliki surat ijin praktekDIII/DIV Keperawatan Gigi yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaDokter Gigi : 1 orang Perawat Gigi : Minimal 1 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standard pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat dan bahan medis yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan ManajemenEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 7

Standar Pelayanan Farmasi

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 32 Tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1996 Nomor 49, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3637)Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 Tentang pekerjaan kefarmasianUndang – Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropikaUndang – Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotikaPeraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 906)
2 Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananResep dari poli
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur (Gambar 8) Pasien menaruh resep di FarmasiPasien menunggu sampai dipanggil sesuai urutan kedatanganPetugas mengambil resep untuk dberi nomer urutPetugas melakukan screening resepPeracikan obatPenyerahan obat sesuai nomor urut disertai pemberian informasi atau konseling kepada pasien
5Jangka Waktu Penyelesaian (Bukan waktu tunggu dari pasien menyerahkan resep)Penyiapan Resep racikan : 15 – 30 menit per 1 lembar resepPenyiapan Resep non racikan : 5 – 10 menit per 1 lembar resepPenyerahan dan pemberian Informasi Obat dan Konseling (PIO) : maksimal 15 menit per pasien
6Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananPenyedian obat racikan dan non racikan, pemberian informasi obat (PIO)
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang penyiapan obatRuang pemberian informasi obatGudang penyimpanan obatAlat medis pendukung
9Kompetensi PelaksanaApoteker yang memiliki ijin praktekAsisten Apoteker yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas PadangKotak Saran
11Jumlah PelaksanaMinimal 1 orang tenaga farmasi
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan yang digunakan dijamin kebersihannyaObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan ManajemenEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 8

Standar Pelayanan Laboratorium

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumKeputusan Menteri Kesehatan Nomor 364/MENKES/SK/III/2003                                 tentang laboratorium kesehatanKeputusan Menteri Kesehatan Nomor 37 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan laboratorium kesehatan masyarakatKeputusan Menteri Kesehatan Nomor 657/MENKES/SK/VII/2009 tentang pengiriman penggunaan specimen klinis, materi biologi dan muatan informasinya
2 Jam PelayananSenin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB Jumat – Sabtu    : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananSurat permintaan pemeriksaan laboratorium
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur (Gambar 9)Pasien datangPasien menyerahkan surat permintaan pemeriksaan laboratoriumPetugas mencatat data pemeriksaan pasien di buku registerPasien dipanggil sesuai nomor urutPetugas melakukan pengambilan sampel dan penerimaan sampelPasien menunggu hasil pemeriksaan, untuk pasien tanpa jaminan diminta untuk melakukan pembayaran di kasir terlebih dahuluProses pemeriksaan laboratoriumPenyerahan hasil kepada pasien untuk konsultasi ke yang merujuk
5Jangka Waktu PenyelesaianMengacu pada SK Kepala Puskesmas Nomor : 445/240/SK.C/Pusk-PDK/I/2017 tentang waktu penyampaian hasil pemeriksaan labor.
6Biaya/tarifPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananHematologi, Kimia darah, Urinalisis, Imunologi- Serologi, Preparat Mirobiologi, Faeses, HIV/AIDS, Syphilis, Tes Narkoba
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pengambilan sampelRuang pemeriksaan laboratoriumPeralatan laboratorium pendukungKomputer dan jaringannyaRuang tunggu pasien
9Kompetensi PelaksanaAhli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang memiliki surat tanda registrasi dan sesuai dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaMinimal 2 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standard pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan dijamin sterilitasnyaObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan ManajemenEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 9

Standar Pelayanan Imunisasi

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananRabu                     : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  (Gambar 10)Petugas        memanggil        pasien       sesuai       nomor antrianPetugas            memastikan            identitas           pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan penyuluhan sebelum imunisasiPetugas melakukan imuniasaiPetugas melakukan penyuluhan paska imunisasiPetugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tariffPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananKonsultasi Imunisasi, imunisasi
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pemeriksaan pasien umumPeralatan medis pendukungRuang tunggu pasien
9Kompetensi Pelaksana  DIII/D4/S1 Keperawatan atau kebidanan yang memiliki surat tanda registrasi        dan        sesuai          dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaPerawat/ bidan: minimal 1 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

Gambar 10

Standar Pelayanan Klinik TB

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananSabtu                    : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  (Gambar 11)Petugas        memanggil        pasien       sesuai       nomor antrianPetugas            memastikan            identitas           pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pengukuran vital signPetugas melakukan pemeriksaan / tindakan sesuai prosedurPetugas menentukan diagnosisPetugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tariffPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananKonsultasi Dokter, Pemeriksaan Medis, Tindakan medis, Surat Rujukan.
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pemeriksaan pasien Peralatan medis pendukungRuang tunggu pasien
9Kompetensi PelaksanaDokter Umum yang memiliki surat ijin praktekDIII/D4/S1 Keperawatan yang memiliki surat tanda registrasi   dan                   sesuai    dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaDokter Umum : minimal 1 orang Perawat : minimal 1 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 11

Standar Pelayanan Klinik Berhenti Merokok

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananSelasa – Kamis : 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananTersedianya Rekam Medis Pasien
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  Petugas        memanggil        pasien       sesuai       nomor antrianPetugas            memastikan            identitas           pasien berdasarkan rekam medisPetugas melakukan anamnesisPetugas melakukan pengukuran kadar karbondioksida dalam tubuhPetugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya/tariffPasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Walikota payakumbuh No 86 tahun 2017 tentang tarif pelayanan puskesmas di Kota payakumbuh yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD).Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN
7Produk PelayananKonsultasi dan terapi
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pemeriksaandan terapiPeralatan medis pendukungRuang tunggu pasien
9Kompetensi PelaksanaDIII/D4/S1 Keperawatan kebidanan  yang memiliki surat tanda                         registrasi                   dan sesuai        dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaPerawat/bidan minimal 1 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

TARIF PELAYANAN PUSKESMAS YANG MENERAPAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADANLAYANAN UMUM DAERAH

Standar Pelayanan Humas / Pengaduan

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi PublikUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan  Menteri  Kesehatan   Nomor    75 Tahun  2014 tentang      Pusat                Kesehatan Masyarakat       (Berita Negara      Republik Indonesia tahun 2014 Nomor 1676)
2 Jam PelayananSMS Center & Email : 24 jamTelepon dan Surat/kotak saran : Sesuai Jam Kerja
3Persyaratan PelayananAdanya pengaduan pelayanan melalui surat, kotak saran, telepon, email, SMS Center
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur (Gambar 12)Petugas membuka kotak saran, telepon, sms hotline setiap hariPetugas mencatat data pelaporan (nama, alamat dan nomor telepon jika ada) dan isi keluhan atau umpan balik pada buku registerPetugas melaporkan keluhan atau umpan balik kepada Tim Keluhan Pelanggan serta unit terkaitSemua jawaban yang telah disampaikan melalui SMS hotline, telepon, atau papan informasi dicatat di dalam buku registerKeluhan/aduan yang sudah ditindaklanjuti dipublikasikan pada papan pengumuman setiap 1 bulan sekali
5Jangka Waktu PenyelesaianMaksimal pengaduan1bulantergantungberat/ringan  
6Biaya/tarifTidak Dikenakan Biaya
7Produk PelayananPenanganan Pengaduan Masyarakat
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasATKTeleponKotak saranPapan        pengumuman          hasil      tindak       lanjut keluhan/aduanKomputer dan jaringannyaRuangan dan Kelengkapannya
9Kompetensi PelaksanaPetugas             yang       tergabung             dalam    tim mutu manajemen puskesmas
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaKoordinator tim mutu manajemen : 1 orang Anggota tim : 3 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standard pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananIdentitas            yang       memberikan        aduan     tidak dipublikasikan
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan ManajemenEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali
Gambar 12

Standar Pelayanan Vaksinasi Covid 19

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam PelayananSelasa, Kamis, Sabtu: 08.00 – 11.00 WIB  
3Persyaratan PelayananKTP
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  Petugas        memanggil        pasien       sesuai       nomor antrian Meja 1:Petugas mencatat dan memastikan identitas pasien berdasarkan Kartu Tanda Penduduk Meja 2:Petugas melakukan pemeriksaan tensi dan pengecekan kesehatanMeja 3 :Petugas melakukan VaksinasiMeja 4 :Petugas melakukan obsesvasi selama 30 menit Dan  memberikan kartu bukti vaksinasi
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya / TarifGratis untuk seluruh masyarakat
7Produk PelayananPelayanan Vaksinasi Covid
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasRuang pemeriksaan pasien umumPeralatan medis pendukungRuang tunggu pasien
9Kompetensi Pelaksana  DIII/D4/S1 Keperawatan atau kebidanan yang memiliki surat tanda registrasi        dan        sesuai          dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaPerawat/ bidan: minimal 5 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

Standar Pelayanan Penanggulangan Covid 19

NOKOMPONENURAIAN
1 Dasar HukumUndang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang KesehatanPeraturan          Menteri        Kesehatan           Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas
2Jam Pelayanan Penanggulang Setiap hariPelayanan Swab 3 kali sebulan  Jam 8-11 WIB  
3Persyaratan PelayananKTP
4Sistem, Mekanisme dan Prosedur  Pasien PositifPasien yang di periksa berasal dari trekingan dan hasil pemeriksaan PCRPasien Positif Dianjurkan melakukan isolasi di rumah  atau di Rumah Sakit berdasarakan pemeriksaan dokter Traking untuk keluarga pasien atau yang kontak dengan pasien dan di lakukann pemeriksaan PCRPetugas Membuat Laporan kedinas dan mengisi Aplikasi Silacak Pelayanan swabPasien menyerahkan Kartu  Tanda Penduduk di meja pendaftaranPetugas memanggil pasien berdasarkan nomor urut antrianPetugas mengisi aplikasi dan membuat lapoaran excelPetugas melabel PPM berdasarkan data yang masukPetugas melakukan pengambilan swabPetugas mempeking sampel untuk di antar ke laboratorium rujukan  
5Jangka Waktu PenyelesaianSesuai Kasus
6Biaya / TarifGratis untuk seluruh masyarakat
7Produk PelayananPelayanan penanggulangan Covid
8Sarana, Prasarana dan/atau fasilitasPasien PositifTempat isolasiPeralatan medis pendukungPelayanan SwabPeralatan medis pendukungRuang tunggu pasien
9Kompetensi Pelaksana  DIII/D4/S1 Keperawatan atau kebidanan yang memiliki surat tanda registrasi        dan        sesuai          dengan kewenangannya
10Penanganan Pengaduan, Saran dan MasukanSMS Center : 081271077120Email:puskesmaspadangkarambia@gmail.comSecara tertulis melalui :Surat yang ditujukan kepada kepala Puskesmas Padang Kotak Saran
11Jumlah PelaksanaNakes : minimal 5 orang
12Jaminan PelayananPelayanan yang diberikan secara cepat, aman,  dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)
13Jaminan keamanan dan keselamatan pelayananInformasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaannyaPeralatan medis yang digunakan sesuai standar sterilitas masing –masing alatObat, vaksin dan reagen yang digunakan dijamin masa berlaku penggunaannya (tidak kadaluwarsa)
14Evaluasi Kinerja PelaksanaEvaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekaliEvaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinanSurvei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali

Maklumat Pelayanan